iklan jual beli mobil

Kejuaraan Porsche Sprint Challenge Siap Hadirkan Kelas GT4 Pada Musim Keduanya

 

Porsche

 Otojatim- Kejuaraan balap Porsche Sprint Challenge Indonesia sudah berjalan 1 tahun sejak diluncurkan pada 2023 lalu. Balapan yang merupakan versi mini dari Carrera Cup ini sukses menggaet banyak pembalap dan tim-tim besar untuk balapan di sirkuit Mandalika, Lombok selama 4 seri penuh dengan menggunakan  Porsche 911 GT3 Cup. Pada tahun ini, balapan one make race Porsche region nasional ini kehadiran kelas baru yakni kelas GT4 dengan menggunakan mobil 718 Cayman GT4 RS Clubsport.

Secara teknis, Cayman GT4 RS Clubsport hadir dengan mesin boxer enam silinder 4,000 CC. Mesin bertenaga dengan putaran tinggi ini diambil langsung dari mobil balap 911 GT3 Cup dan menghasilkan tenaga 500 hp (daya kuda) pada 718 Cayman GT4 RS Clubsport – 75 hp lebih besar dari model GT4 Clubsport sebelumnya. Dengan putaran mesin yang mampu mencapai 9.000 rpm, torsi maksimal sebesar 465 Nm pada 6.000 rpm dihasilkan, memberikan powerband yang memudahkan pembalap profesional maupun amatir dalam mengemudikan kendaraannya.

Selain banyak detail yang ditingkatkan, fokus dalam pengembangan 718 Cayman GT4 RS Clubsport baru adalah untuk lebih meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Transmisi kopling ganda (PDK) 7-percepatan standar yang dipasang pada mobil diadopsi dari mobil produksi seri, Porsche Cayman GT4 RS. Semua roda gigi memiliki rasio yang lebih pendek dibandingkan model sebelumnya. Tergantung pada regulasi trek dan seri tertentu, 718 Cayman GT4 RS Clubsport baru dapat mencapai waktu putaran dua persen lebih cepat dibandingkan model sebelumnya. Kendaraan yang dihomologasi ini merupakan kendaraan dari pabrik (ex-factory) yang siap dipakai dan dapat digunakan dalam seri balap SRO di seluruh dunia tanpa modifikasi lebih lanjut.

Di tahun 2016, Porsche mulai menawarkan mobil konsep balap kelas GT4 ini kepada para pembalap, diawali dengan Cayman GT4 Clubsport generasi 981 yang terjual sebanyak 421 unit pada tahun 2018 dan ditahun 2019, penggantinya 718 Cayman GT4 juga telah berkembang menjadi kesuksesan dan hingga kini sekitar 500 unit telah diproduksi. Tingginya permintaan ini juga disebabkan oleh biaya operasional yang relatif rendah. Penggunaan teknologi komponennya yang diproduksi secara massal dikombinasi dengan komponen yang dirancang khusus untuk balapan secara signifikan mengurangi biaya operasional tim balap.
 

 Bagoes Hermanto, CEO Superstars Motorsport: "Kami sangat senang memperkenalkan mobil balap Porsche baru, yaitu 718 Cayman GT4 RS Clubsport. Ini adalah mobil balap paling mudah diakses dari Porsche Motorsport, yang benar-benar mewujudkan motorsport dan merupakan mobil balap pertama di Indonesia yang mematuhi peraturan SRO GT4. Karena musim pertama Porsche Sprint Challenge Indonesia terbukti sukses dengan lebih dari 20.000 penonton di sirkuit dan lebih dari 50.000 penonton melalui platform digital kami, Superstars Motorsport berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan olahraga mobil dan talenta balap dengan memberikan puncak balap mobil GT di Indonesia”.

Musim pertama Porsche Sprint Challenge Indonesia digelar pada Desember 2023 hingga Januari 2024 dengan fokus pada balapan pelanggan atau customer racing di level tertinggi. Selama musim balap, Superstars Motorsport memberikan bantuan penuh kepada pembalap dan tim yang dapat mengandalkan dukungan teknis tingkat atas dengan akses ke suku cadang, pusat logistik, serta penyediaan hospitality. Untuk memastikan program perbaikan berkelanjutan mengenai pengembangan pembalap, pembalap yang sangat berpengalaman berada di sirkuit untuk melatih para peserta. Dengan adanya Official Test Days sebelum musim dimulai, para pembalap telah bersiap dengan baik untuk memulai kompetisi Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Di tahun 2016, Porsche mulai menawarkan mobil konsep balap kelas GT4 ini kepada para pembalap, diawali dengan Cayman GT4 Clubsport generasi 981 yang terjual sebanyak 421 unit pada tahun 2018 dan ditahun 2019, penggantinya 718 Cayman GT4 juga telah berkembang menjadi kesuksesan dan hingga kini sekitar 500 unit telah diproduksi. Tingginya permintaan ini juga disebabkan oleh biaya operasional yang relatif rendah. Penggunaan teknologi komponennya yang diproduksi secara massal dikombinasi dengan komponen yang dirancang khusus untuk balapan secara signifikan mengurangi biaya operasional tim balap.


Alexandre Gibot, Managing Director, Porsche Motorsport Asia Pacific Ltd.: “Menyusul kesuksesan musim perdana, Porsche Motorsport Asia Pacific sangat senang bahwa Porsche Sprint Challenge Indonesia berkembang dengan menyertakan kelas GT4 pada tahun 2024. Jelas bahwa pelanggan kami menikmati produk dan platform, maka kami sangat senang melihat momentum ini berlanjut hingga musim kedua. Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport memberikan kesempatan besar baik bagi pembalap baru maupun berpengalaman untuk bersaing, dan akan membawa dimensi baru dalam kejuaraan. Kami menantikan perkembangan baru ini dan menyambut pelanggan baru ke seri ini.”

Alexander Riedel, General Manager Porsche Indonesia: “Kami sangat senang mengumumkan perluasan jajaran model Porsche di Porsche Sprint Challenge Indonesia pada musim mendatang. Penambahan mobil Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport menandai era baru yang penuh semangat baik bagi pengemudi maupun penggemarnya. Kami sangat menantikan balapan mendebarkan yang menampilkan beragam model Porsche GT di arena balap.”

“Kehadiran mobil balap Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport semakin menambah keseruan mengawali musim kedua Porsche Sprint Challenge Indonesia yang kini hadir dalam dua kategori, yakni kelas GT3 Cup dan GT4. Sebagai persiapan menyambut musim 2024, para pemangku kepentingan seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan pengelola sirkuit Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bertujuan menghadirkan format tontonan yang lebih menarik dan kompetisi yang lebih seru. Belajar dari musim pertama, MGPA dan Superstars Motorsport sama-sama berkomitmen menjadi tuan rumah Porsche One Make Series dan menyambut para pembalap berbakat Indonesia dengan ajang balap tertinggi di Indonesia, dan kawasan Asia Tenggara”, tutup Bagoes Hermanto.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi