iklan jual beli mobil

Pengen Ikut Track Day di Mandalika? Segini Budgetnya

  • Sirkuit Mandalika menyediakan fasilitas Track Day, di mana masyarakat pecinta balap bisa memacu adrenalin di salah satu lintasan terbaik di dunia tersebut. Berapa ya harganya?

Harga track day mandalika

Otojatim.com - Sirkuit Mandalika terbuka bagi siapa saja yang ingin merasakan Track Day, baik bersama komunitas ataupun sendirian. Syarat utamanya adalah harus memiliki Kartu Izin Start (KIS) dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Kegiatan track day, atau balapan akhir pekan ini memang sering diadakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, baik untuk sepeda motor maupun mobil. Untuk Sepeda motor, penyewanya dibagi menjadi dua kelas berdasarkan kubikasi, yakni kelas sampai 250 cc dan kelas di atas 250 cc.

Sirkuit Mandalika disewakan untuk umum setiap hari, selama tidak ada booking khusus ataupun event balap. Dalam sehari dibuka dua sesi Track Day, yakni pagi selama 3 jam dan siang selama 3 jam. Penyewaan dapat dilakukan 3 jam saja atau full seharian selama 6 jam.

Menurut Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, setiap peserta diperbolehkan balapan dalam lima lap.

"Track day tidak boleh dari lima lap, bisa lebih dari lima lap tapi masuk paddock dulu. Kalau bukan pebalap itu sudah kelelahan, takutnya dia di lap 6, 7 atau 8 malah black out," kata Priandhi.

Budget balapan di mandalika

Lalu, berapa ya biaya track day? Dikutip dari Instagram Ricky Ariadi @razs_mv, untuk menikmati Track Day 250cc, total biaya yang dibutuhkan adalah berkisar Rp 7,2 juta.

Biaya tersebut terdiri dari tarif Track Day Rp 1-1,5 juta per 3 jam, tiket pesawat PP Bali-Lombok Rp 2 juta, PP travel bandara Rp 200 ribu, sewa motor Rp 3 juta per hari. Selain itu ada sewa wear pack, glove, dan boots Rp 600 ribu, lalu beli kneepad dan innersuit Rp 400 ribu.

Priandhi menjelaskan, bahwa sebelum balapan para peserta akan mendapat safety induction atau pengenalan keselamatan. Peserta yang lolos tahap ini akan mendapat ID  warna merah yang berarti pemula.

"Kalau sudah mencoba satu kali track day, keputusan ada di saya, bisa dari merah bisa menjadi kuning, atau tetap merahnya mesti lima kali dulu," katanya.

Sementara untuk peserta yang sudah pernah ikut kejuaraan balap nasional maupun internasional, secara otomatis akan mendapat kartu hologram hijau, karena dianggap sudah mengerti tata cara dan regulasi bendera.

Jadi, beminat ikut Track Day di Mandalika?
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi