iklan jual beli mobil

2 Legenda Pembalap Sepuh Ramaikan Event Sunday Ride Classic Yamaha Racing Heritage Club, Prancis

yamaha racing heritage
Christian Sarron beraksi dengan motor balap Yamaha di Le Castellet. Photo:Yamaha Racing

Otojatim.com - Salah satu atraksi utama di Sunday Ride Classic di Le Castellet, adalah kehadiran pembalap legendaris Giacomo Agostini dan Christian Sarron yang menghibur para penggemar di Sirkuit Paul Ricard dengan sepeda motor balap bersejarah mereka pada akhir pekan 18-19 Mei lalu.


YRHC memulai tahun 2024 dengan menggelar event-event yang mengesankan di Prancis. Juara Dunia 15 kali Agostini dan Juara Dunia 250cc 1984 Sarron turun ke lintasan dengan TZ750s, memikat ribuan penggemar yang mengerubuti acara tahunan Sunday Ride Classic.

Giacomo Agostini. Photo:Yamaha Racing

Tak hanya itu, kedua legenda ini, ditemani oleh local hero Hubert Rigal dan Raymond Roche, yang ikut serta dalam beberapa sesi lintasan. Mereka juga menyempatkan diri untuk bertemu dan menyapa penggemar di pit box YRHC dan di berbagai acara penandatanganan sepanjang akhir pekan.


Para penggemar tidak hanya dapat bertemu dengan para idolanya, tetapi juga melihat motor yang membawa mereka mencetak sejarah. Yamaha YZR500 OW23 milik Agostini, yang telah membawanya memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc 1975, gelar kelas utama pertama untuk mesin dua tak, dan TZ250L 1984 milik Sarron, yang membawanya meraih mahkota 250cc, keduanya dipajang di acara tersebut.

Giacomo Agostini mengendarai motor balap Yamaha di Sunday Ride Classic. Photo:Yamaha Racing

Acara ini juga menandai dimulainya perayaan dua peringatan penting Yamaha: peringatan 50 tahun Agostini bergabung dengan pabrikan dan memenangkan Kejuaraan Dunia 350cc 1974 serta peringatan 40 tahun musim kemenangan Sarron.


Layaknya acara reuni di hari Minggu, Agostini turun ke lintasan dengan XSR900 GP baru untuk melintasi lap parade khusus. "Ago," yang tidak hanya memenangkan dua kejuaraan dunia bersama Yamaha sebagai pembalap tetapi juga meraih tiga kali sebagai Manajer Tim selama 1980-an, mengendarai sepeda motor berkelir retro merah dan putih, dirancang untuk membangkitkan kenangan era masa lalu sambil menggabungkan gaya balap heritage dengan teknologi mutakhir.

Photo: Yamaha Racing

YRHC terbuka untuk pemilik sepeda motor motuba versi balap. Dari balap Grand Prix, mesin yang memenuhi syarat adalah yang digunakan antara 1955 hingga akhir era dua tak 500cc pada 2003, serta mesin TZ125 dan TZ250 hingga 2009.


Pendaftaran sepeda motor dari World Superbike dan Endurance World Championship terbuka untuk mesin yang dibalap dalam kelas produksi dari 1985 hingga 2009, sementara dari dunia off-road, YRHC terbuka untuk sepeda motor motocross yang dibalap sebelum 1998 dan mesin Paris Dakar yang dibalap di Afrika sebelum 2007.

Photo: Yamaha Racing

Setelah meyukseskan acara ini, Agostini, Sarron, dan YRHC akan melanjutkan ke event berikutnya, Coupes Moto L├ęgende di Circuit Dijon-Prenois pada 25-26 Mei.(*)


Ikuti berita Motorsport melalui Google News

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi